Sabtu, 09 Juli 2016

Sejarah jaket hoodie

Sejarah jaket hoodie dari masa kemasa



Jaket berkerudung atau bisa di sebut sebagai jaket hoodie adalah Jaket yang berbahan kaos yang memiliki penutup kepala dan mempunya bagian leher yang lebih rending di bandingkan dengan model jaket lainnya, juga di lengkai dengan tali pada bagian dalam sisi kerudung untuk menyesuaikan pembukaan kerudung dengan kepala, hoodie juga kini memiliki model yang memakai resleting untuk membagi bagian badan pada hoodie itu sendiri.

Jaket Hoodie telah menjadi bagian yang tidak dapat di pisahkan dari laki-laki dan perempuan selama berabad-abad. Kata "hood" dikatakan berasal dari Anglo-Saxon,  kata "Hod" itu berarti gaya pada sebuah produk garmen  dan awalnya di temukan pada abad pertengahan di eropa, ketika itu pakaian ini di peruntukan untuk biarawan dengan model seperti  jubbah berkerudung , dan juga suka di pakai oleh pekerja yang melakukan pekerjaan di luar ruangan. Hoodie di kenal di Negara inggris pada saat awal abad kedua belas, mungkin di bawa dari kota norman yang dahulu adalah jajahan inggris.
Hoodie pertama kali di produksi di amerika serikat pada awal tahum 1930-an, dan pertamakali di produksi oleh champion pada tahun 1930. Hoodie ini di produksi dengan membidik target pasar para pekerja yang bekerja pada saat udara dingin dan di pasarkan pertama kali di kota New York yang kebetulan pada saat itu di kota tersebut sedang musim dingin. Jaket hoodie itu sendiri mulai popular di kalangan masyarakan pada tahun 1990-an.

Kejayaan jaket hoodie pada tahun 1990-an ini tidak lepas dari jasa para pencinta music hip hop yang pada saat itu menjadi aliran music yang paling popular di kota new york. Bayak penyanyi hip hop yang memakai jaket hoodie pada saat tampil di atas panggung , secara tidak langsung masyarakat luas pun ingin sekali berpenampilan layaknya seperti penyanyi idola mereka. Dengan banyaknya orang memakai jaket hoodie maka banyak pula para produsen yang membuat jaket hoodie dengan model yang sangat beraneka ragam.

Seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya tindakan kriminalitas di kota new york, banyak sekali pelaku kejahatan yang memakai jaket hoodie untuk menutup kepala mereka agar tidak terlalu terlihat oleh masyarakat luas, di situ jaket hoodie menjadi disebut sebagai jaket pemberontak. Sedangkan di Negara asalhnya inggris pada saat bersamaan jaket hoodie ini biasa di pakai oleh para atlit untuk melindungi tubuhnya dari udara dingin. Maka banyak sekali atlit yang memakai jaket hoodie di antaranya yang sering memakai jaket hoodie adalah atlit tinju yang pada saat itu menjadi cabang olah raga yang sangat di minati di inggris.

Hingga saat ini kepopularan jaket hoodie tidak pernah turu, terbukti di masyarakat kita yang kebanyakan orang memakai jaket hoodie untuk jaket yang di kenakan sehari hari. Jaket hoodie memang menjadi jaket yang berdaya tarik bagus, karena modelnya yang simple dan tidak terlalu berat saat di pakai menjadikan jaket hoodie adalah jaket yang wajib untuk di miliki oleh semua orang.
Di Negara kita Indonesia perkembangan jaet hoodie cukuplah pesat, yang di dukung oleh para produsen jaket hoodie nasional yang terus berinovasi dengan model jaket hoodie terbaru mereka, secara tidak langsung dengan adanya model jaket hoodie yang terus bermunculan menjadi daya dorong bagi masyarakan kita agar meningkatkan daya konsumtif mereka akan jaket hoodie.

About ARTis Sablon

Kami merupakan Supplier Produk Konveksi Terpercaya yang mampu memproduksi aneka produk konveksi berkualitas antara lain, Jaket, sweater, hoodie, kemeja, kaos, Topi dan berbagai produk konveksi lainnya baik bordir maupun sablon.

You Might Also Like

Diberdayakan oleh Blogger.